Schneider ULTI EZinstall3, Cara Mudah Pintarkan Rumah

Masih senapas dengan artikel edisi sebelumnya yang terkait smart home, Schneider juga menghadirkan solusi smart homenya di Indonesia. Bekerjasama dengan pengembang properti di kawasan Cibubur, Schneider memperkenalkan ULTI EZinstall3 Mini Home Control. Dengan solusi ini Anda bisa mengendalikan lampulampu rumah, tirai, televisi, dan AC lewat smartphone Anda. Jika dihubungkan dengan IP router rumah, Anda bisa mengendalikan dari luar rumah. Untuk bisa mengendalikan lampu-lampu diruangan rumah, yang diperlukan hanyalah mengubah switch lampu rumah Anda dengan switch ULTI EZinstall3. Terdapat dua tipe switch lampu, switch yang hanya untuk nyala-mati atau switch dimming untuk mengendalikan tingkat kecerahan lampu. Untuk mengendalikan tirai, Anda perlu memasang motor nirkabel di bagian atas tirai. Kendali otomatis untuk perangkat elektronik, seperti AC dan televisi, Anda perlu menambahkan ULTI IR Converter. Dengan perangkat ini Anda bisa mengendalikan AC dan TV lewat infrared yang terdapat di smartphone. Sehingga Anda tak perlu memegang banyak remote control.

Dengan IR Converter yang terhubung dengan router, Anda juga bisa mengendalikan AC dari luar rumah. Sayangnya, untuk bisa mengendalikan penuh seluruh fungsi remote televisi Anda, Anda perlu mengatur satu persatu fungsi tersebut di smartphone Anda, seperti disebutkan Ahmad Faisal Haq, Energy Sustainability Servicees & Lead Generation EcoBuilding, Schneider Indonesia. Sesuai namanya, perangkat dari solusi ini memang mudah untuk dipasang di rumah Anda (easy install). Memanfaatkan frekuensi nirkabel tipe ZigBee untuk komunikasi antar perangkat, Anda tak perlu repot menanam kabel baru atau merenovasi rumah untuk mengaplikasikan perangkat smart home milik perusahaan manajemen energi ini. Faisal menyebutkan, pengguna cukup memasang ulang switch lampu mereka. Switch lampu ULTI EZinstall3 ini juga hanya perlu menggunakan kabel listrik yang sudah ada.

Baca Juga : https://teknorus.com/gambar-keren/

Setelah terpasang, Anda cukup menekan tombol program yang ada di switch untuk menghubungkannya dengan perangkat ZigBee lain yang sudah terpasang. Dengan demikian, antar perangkat kini sudah bisa saling berkomunikasi. “Perangkat ZigBee yang pertama terpasang akan bertindak sebagai koordinator bagi perangkat lainnya,“ terang Faisal. Jadi ketika Anda melakukan pengaturan untuk switch lampu tertentu, maka perintah itu akan diterima koordinator dan diteruskan lewat perangkat ZigBee lain hingga mencapai target. Agar bisa mengendalikan dari luar rumah, Anda perlu IP Gateway milik Schneider yang kemudian akan menghubungkan dengan IP Router rumah Anda. Ferry Kurniawan, Marketing Manager, Solution and Strategy EcoBuilding Schneider Indonesia menyebutkan bahwa pihaknya saat ini masih menargetkan solusi ini untuk kawasan perumahan sebagai paket penwaran properti yang mereka jual. Meski ia tak menutup kemungkinan pembeli perorangan pun bisa memanfaatkan solusi ini. Untuk mengadopsi solusi bagi rumah cerdas ini, Ferry menyebutkan pengguna perlu merogoh sekitar 5-10 juta rupiah. Itu untuk kon¢gurasi sederhana dengan dua lampu terpasang. Meski tergolong mudah untuk dipasang, namun Ferry masih menyarankan untuk menggunakan jasa teknisi Schneider untuk pemasangan. Setelah seluruh perangkat terpasang, Schneider menyertakan so?ware manajemen. So?ware manajemen ini hanya bisa dikon¢gurasi dari laptop. Lewat so?ware ini Anda bisa menentukan kon¢gurasi berdasarkan pengaturan tertentu. Apakah Anda ingin semua lampu otomatis menyala saat malam menjelang, AC mati selama Anda bekerja, dan pengaturan lain ketika Anda di rumah. Jika semua sudah siap, maka Anda bisa mensinkronisasi dengan aplikasi ULTI EZinstall di perangkat iOS atau Android.

1 Pemasangan ULTI EZinstall cukup mudah. Ganti saklar rumah Anda dengan saklar pintar ini. Hubungkan kedua kabel listrik ke perangkat ini

2 Tekan tombol program ada saklar Schneider ULTI EZInstall3 untuk menghubungkan perangkat ini dengan perangkat Zigbee lain yang ada di ruangan (gambar 2).

3 Untuk menyetel semua perangkat EZinstall yang sudah terpasang, Anda perlu melakukan konfigurasi lewat aplikasi di PC Anda sebelum mengaksesnya lewat aplikasi di perangkat mobile.

4 Selain lampu, pengturan juga bisa dilakukan pada AC. Suhu ruangan dapat diadaptasikan dengan mood dan lokasi pengguna, apakah sedang dirumah atau diluar rumah.

5 Perangkat mobile Anda juga bisa menjadi pengganti remote di rumah meski Anda harus mengaturnya seacra manual satu persatu tiap fungsi remote itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *