Categories
Parenting

Manfaat Baby SPA

Saat ini, baby spa sudah dikembangkan berdasarkan neuro – sains terapan untuk memberikan stimulasi pada bayi melalui perawatan pijat dan terapi sentuh. Ada tiga manfaat utama yang diperoleh dari neuroscience baby spa, yaitu manfaat fisik, manfaat psikologis, dan manfaat stimulasi.  1. Manfaat Fisik

Dapat membersihkan dan menutrisi seluruh tubuh bayi, serta menstimulasi seluruh sarafnya melalui pijat dan terapi sentuh. Pemijatan akan melancarkan peredaran darah si kecil sehingga perkembangannya men jadi lebih pesat pada usia pertumbuh annya. Hal ini sangat memengaruhi sistem metabolisme tubuh si kecil dan meningkatkan daya tahan tubuhnya sehingga ia tidak mudah terserang penyakit. 

2. Manfaat Psikologis

Terbangunnya bonding antara si kecil dan Ayah melalui komunikasi dan interaksi yang terjadi ketika ritual baby spa dilakukan. Hal ini juga memberikan efek relaksasi terhadap si kecil sehingga ia dapat tumbuh optimal serta membantu membentuk pribadi yang supel, ceria, dan mandiri. Baby spa juga akan berdampak baik pada kualitas tidur si kecil dan ini berpengaruh terhadap perkembangan otak selama masa tidurnya. 

3. Manfaat Stimulasi

Manfaat stimulasi ini berhubung an dengan perkembangan saraf serta otak si kecil. Usia nol hingga delapan tahun adalah saat dimana sel-sel otak anak berkembang dan berkoneksi dengan cepat, bahkan bisa mencapai 80% dari kapasitas otaknya saat ia dewasa. Pada masa ini, peran orangtua, termasuk Ayah, dibutuhkan untuk memberikan stimulasi pada si kecil. Baby spa juga merupakan stimulasi indra (peraba, penyentuh, pembau, pendengar, penglihatan) yang berpengaruh terhadap keseimbangan dan sistem saraf si kecil. 

4 lngkah Baby SPA

Program neurosains baby spa menjadi pilihan orangtua yang aktif karena tidak membutuhkan waktu banyak dan komprehensif untuk memberi rangsangan yang dibutuhkan bayi hingga anak usia dini. Cukup dengan 4 langkah saja, namun sudah dapat menstimulasi sistem saraf di seluruh tubuh bayi, terdiri atas:

• Langkah 1  : Pijat Sehat

Menstimulasi kematangan sarafsaraf tubuh bayi dengan baik melalui pemberian sentuhan dan tekanan, selain juga mendekatkan hubungan antara Ayah dengan sang buah hati. Langkah ini juga dapat meningkatkan sistem metabolisme dan daya tahan tubuh si kecil. Sediakan tempat pemijatan dengan permukaan rata dan bersih, bisa baby ta? el atau massage bed. Gunakan handuk lebar dan lembut untuk alas bayi berbaring di atas tempat pemijatan. Tak lupa, baby oil untuk melancarkan pemijatan.

Ketika si kecil sudah tumbuh besar tentunya hal yang penting adalah pendidikan terutama bahasa. Berikan ia pelatihan di les berbahasa Perancis di Jakarta yang terbaik agar memiliki keterampilan berbahasa asing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *