Categories
Parenting

Manfaat Baby SPA Bagian 2

• Langkah 2 : mandi Ceria

Usai pemijatan, bayi siap dimandikan. Siapkan air hangat untuk mandi bayi, handuk lembut, sabun dan sampo bayi. Langkah kedua ini bertujuan membersihkan kulit dan merawat rambut si kecil agar tampak hitam dan tebal, serta menstimulasi tubuh bayi dengan perubahan suhu di luar dan di dalam tubuhnya yang akan merangsang sensitivitas pembuluh darah kapiler (bagian ujung saraf di permukaan kulit).

•Langkah 3 : Sentuhan Hangat dan Segar

Usai dimandikan, berikan sentuhan hangat dan segar pada tubuh bayi. Usapkan pada tubuh bayi, 3—5 tetes minyak telon untuk menghangatkan dan baby powder untuk menyegarkannya. Hati-hati saat menggunakan bedak, jangan sampai butiran halusnya beterbangan dan masuk ke saluran napas sehingga mengakibatkan iritasi. Jangan pula memakaikan bedak di sekitar alat kelamin bayi. Langkah ketiga ini bertujuan memberikan kehangatan dan kesegaran setelah si kecil mandi, melalui sentuhan lembut sehingga memperlancar peredaran darah di area perut dan dada, yang bermanfaat bagi metabolisme tubuh dan membangun stimulus bagi antibodi.

• Langkah 4 : harum Terawat

Membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut si kecil dengan keharuman khas, sehingga dapat menstimulasi indra penciuman yang berhubungan dengan area pengendali emosi di otak dan pengaturan keseimbangan tubuh. Gunakan baby hair lotion, baby lotion, dan baby cologne. Keempat langkah stimulasi dini ini sangat penting dilakukan untuk mengoptimalkan perkembangan otak dan saraf si kecil bagi tumbuh kembangnya. Penelitian neurosains membuktikan bahwa memberikan stimulasi pada si kecil memang penting.

Akan tetapi, ayah juga harus pandai memilih waktu yang tepat untuk memberikan stimulasi tersebut karena stimulasi yang berlebih saat si kecil merasa tidak nyaman akan membuatnya semakin rewel. Jadi, cermatlah memerhatikan suasana hati si kecil sebelum memberikan stimulasi untuknya. Saat bayi merasa siap mendapat stimulasi dari ayah, berinteraksilah dengannya untuk memberikan stimulasi tersebut demi mengembangkan potensi si kecil. Ketika apa yang dilakukan ayah mendapat respons positif, itu pertanda bahwa si kecil mulai menaruh rasa percaya. Secara bertahap ayah pun akan semakin percaya diri. Butikan saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *